BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS-Sekitar 3.500 buruh kelapa sawit PT Globalindo Agung Lestari atau PT GAL melakukan demo di kantor tersebut, di Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kamis (3/1/2013) siang. 

Ribuan buruh menuntut agar mereka di PHK dan selanjutnya ditake over atau peralihan ke perusahaan yang baru, yakni PT Genting Platantion Nusantara dari Malaysia.

Sebelumnya pada akhir desember yang lalu, aksi serupa dilakukan ribuan buruh. Namun tidak ada titik terang. Demo kali ini difasilitasi oleh sekitar enam anggota dewan Kapuas dari Kapuas.

Data yang diterima di lapangan, keresahan buruh PT GAL telah berlangsung sejak tiga bulan yang lalu. Persisnya semenjak kedatangan PT Genting Platantion Nusantara.

Berdasarkan isi memorendum bahwa sejak tanggal 1 Oktober 2012 administrasi dan operasional PT GAL telah berada dalam pimpinan Yap Heng Lee, group manajer PT Genting Plantation Nusantara. Inti dari tuntuta buruh bahwa manajemen masih di bawah PT GAL. Sehingga karyawan meminta agar selesaikan dulu administrasi semua karyawan.

"Kami meminta agar semua tuntutan karyawan dipenuhi,"ucap M Junaidi Gaol, selaku Dewan Pengurus Cabang Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Kabupaten Kapuas, yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com/2013/01/03/ribuan-buruh-pt-gal-kapuas-berdemo