BELUM ADA KEPASTIAN RELOKASI DESA SUNGAI GULA
Muhammad Fachrul Riyannor

Kondisi rumah yang rusak akibat dilanda banjir 
di Desa Sungai Gula

MURUNG RAYA-Sering meluapnya Sungai Gula di Desa Sungai Gula, Kec. Permata Intan, Kab. Murung Raya menyebabkan banjir yang sering menenggelamkan rumah – rumah warga bahkan sebulan bisa mencapai empat kali.  Rencana relokasi desa dari pemerintah daerah yang di usulkan pihak desa sampai saat ini masih belum ada kepastian.

 “Dalam sebulan banjir bisa sampai 4 kali, susah juga kalau tidak ada relokasi, sudah sering mengusulkan untuk memindahkan desa tersebut, tapi selalu dijawab nanti, nanti dan nanti dari pihak kecamatan” tutur Ibu Isjiansyah, istri dari Kepala Desa, M. Isjiansyah pada hari Jum’at, 8 Juli 2012.

“Seringnya meluap Sungai Gula ini, disebabkan oleh bekas jalan perusahaan logging Tanjung Raya yang sudah tidak beroperasi lagi di sebelah hulu desa yang tidak ada reiklamasi berupa penanaman kembali pohon - pohon” kata salah seorang warga.

Meskipun sudah ada lokasi lebih tinggi dataranya yang direncanakan tempat pemindahan Desa Sungai Gula. Namun sampai saat ini warga Desa Sungai Gula  belum tahu kapan Desanya segera direlokasi oleh pihak pemerintah kecamatan, maupun kabupaten.

“Sudah terlalu sering pihak Desa mengusul segera direlokasi, hingga kami merasa malu juga jika terus meminta” terang Bu Kades. Desa Sungai Gula memang sejak tahun 80-an sudah sering dilanda banjir, namun beberapa tahun terakhir banjir yang terjadi sudah lebih parah.  Jika banjir datang, hampir 90% rumah – rumah warga terendam hingga setinggi dua meter.  

Selain Desa Sungai Gula, ada juga Desa Sungai Batang dan Desa Tumbang Salio yang mengalami permasalahan yang sama.  Kedua desa tersebut juga berada di Kecamatan Permata Intan, Kabupaten Murung Raya.Warga Desa Sungai Gula mengharapkan adanya perhatian dari Pemerintah Daerah atas permasalahan yang sedang mereka hadapi. Seringnya banjir melanda sangat menyulitkan warga. Ibu Isjiansyah mengatakan sudah sering memperbaiki rumahnya yang rusak oleh banjir. Tapi sulit juga jika banjir  terus menerus melanda Desa Sungai Gula.[A2nk]
 
Kunjungi Blognya Juga Ya agan2 : http://aank-insurgent.blogspot.com/2012/06/belum-ada-kepastian-relokasi-desa.html