GERAKAN MAHASISWA
 KALIMANTAN TENGAH
(GERAM KAL-TENG)
TAHUN 2013
GMNI CAB. PALANGKA RAYA, FMN RANTING UNPAR, HIMA KOTIM, HIMA KAPUAS, BOM BK

Palangka Raya, 8 Januari 2012

Press Realease
“ Duka Buruh adalah Duka Kami Mahasiswa “

Salam Demokrasi !

Pada awal tahun 2013 tepatnya pada tanggal 02 Januari 2013, kita mendapatkan kabar yang sangat menyedihkan Tragedi kecelakaan di Parenggean, Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur yang menewaskan buruh sawit. Truck nahas yang terbalik di kecamatan parenggean  kabupaten kotawaringin timur (kotim), dalam kejadian ini bahwa setiap perkembangan tahun ke tahun seringkali terjadi lakalantas yang menyebabkan bahwa adanya kelalaian bagi pengendara truck sawit dan sialnya awal tahun ini merenggut korban jiwa lagi. Sementara itu kronologis tergulingnya truck nahas tersebut, saat itu posisi truck terlalu mepet ke kanan jalan. Sehingga terjadi kecelakaan karena sang sopir menghindari sebuah kubangan, saat itu kondisi jalan sedang becek. Saat akan menghindar kubangan tersebut terbalik dan terguling masuk selokan sedalam 6 meter. Dalam peristiwa tersebut menyebabkan 6 orang meninggal dan 6 orang luka berat & 23  luka ringan, yang semuanya adalah karyawati PT. Uni Primacom Kab. Kotawaringin timur.

Dalam hal ini, peristiwa kecelakaan yang menewaskan karyawati PT. Uni Primacom, kami turut berduka cita dan atas dasar inilah kami turun ke jalan untuk melakukan aksi solidaritas penggalangan dana sebagai bentuk keprihatinan dan empati yang kami rasakan atas musibah tersebut. Dalam pelaksanaan ini kami yang tergabung dalam aliansi akan melakukan aksi penggalangan dana di bundaran kecil kota Palangka Raya yangn di mulai tanggal 08 sampai 11 Januari 2013.

Dalam Pres Realease kami juga menuntut kepada pihak terkait untuk lebih perduli terhadap karyawan/buruh perkebunan sawit yang ada di Kalimantan Tengah. Adapun tuntutan kami adalah sebagai berikut :

1.        Menuntut POLDA KALIMANTAN TENGAH dengan segenap jajaranya harus menyelediki kasus ini hingga tuntas dan memberikan tindakan sanksi hukum kepada pihak perusahaan PT.Uni Primacom yang telah lalai dalam penyelamatan kerja karyawannya.
2.        Menuntut Bupati Kotawaringin Timur untuk memberikan sanksi kepada PT.Uni Primacom, serta turut meringankan duka para korban baik secara moril maupun non materil.
3.        Menuntut Gubernur Kalimantan Tengah berserta DPRD Provinsi Kalimantan Tengah untuk membuat Peraturan Daerah tentang jaminan keselamatan kerja karyawan/buruh sawit di Kalimantan Tengah.
4.        Menuntut pihak managemen PT.Uni Primacom untuk bertangung jawab atas kejadian ini dan segera menyelesaikan tangung jawabnya.

Kami yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kalimantan Tengah (GERAM KALTENG) akan terus mengikuti perkembang nasib para karyawan/buruh yang ada di Kalimantan Tengah.

Hidup Rakyat !!!
Hidup Buruh  !!!
Merdeka !!!
Hormat Kami :

HATMINUDIN
Koordinator Lapangan
Catatan :
1.        Jika Kawan-Kawan Ingin bergabung langsung saja  kebundaran  Kecil Palangka Raya, dengan jadwal Pagi dimulai pada pukul 08.00-11.00 Wib, dan Jadwal Sore pukul 14.00-16.00 WIb