Judul Buku        : Menjadi Evironmentalis Itu Gampang Sebuah Panduan Bagi Pemula
Penulis              : Dany Wahyu Munggoro dan Andy Armansyah
Penerbit            : Wahana Lingkungan Hidup Indonesia / Friends Of The Earth Indonesia
Tahun               : Cetakan Pertama, April 2008
Tebal                : 178

Pada halaman 65 dalam buku ini membahas ( wah langsung membahas aja nc agan, ciyuss - Miapah) , ha...namun memang pada halaman ini lah penguraian mengenai eviromentalis itu dibahas dengan sangat energik dan mudah pula untuk dicerna (makanan kali dicerna). Enviromentalis adalah gerakan sosial yang dimotori oleh kaum penyelamat lingkungan. Gerakan ini berusaha dengan segala cara, tanpa kekerasaan-mulai dari aksi jalanan, lobi politik, hingga pendidikan politik untuk melindungi kekayaan dan ekosistem. Kaum Enviromentalis perduli pada isu pencemaran air dan udara, kepunahan spesies, gaya hidup rakus energi, ancaman perubahan iklim dan rekayasa genetika pada produk-produk makanan. Gerakan enviromentalisme saat ini telah bermetamorfosa menjadi Gerakan Anti Korporasi dan Gerakan Anti globalisasi. Mengapa? karena penguasa dan perusak lingkungan terbesar didunia ini adalah perusahaan-perusahaan transnasional.

Siapa Itu Kaum Evorimentalis?

Kaum evorimentalis adalah seseorang atau sekelompok orang yang mendukung setiap tujuan gerakan lingkungan hidup. Umumnya kaum Environmentalis secara politik dikatagorikan sebagai ‘’ Greens atau “ Kaum hijau”. Kaum Environmentalis memiliki pandangan yang kuat atas isu-isu lingkungan hidup dan mengamalkan nilai-nilainya sebagai aktivis, relawan, akademisi dan profesional.

Apa Itu Gerakan Lingkungan ?

Gerakan lingkungan adalah gerakan sosial dan politik yang diarahkan untuk pelestarian, restorasi dan peningkatan kualitas lingkungan hidup melalui pendidikan publik, advokasi perubahan gaya hidup, perbaikan perencanaan komunitas, perubahan ekonomi uang serta perombakan kebijakan negara.

Tulisan diatas hanya cuplikan secuil mengenai isi buku Menjadi Evironmentalis Itu Gampang Sebuah Panduan Bagi Pemula !. Buku ini memang dibuat bagi mereka yang ingin melestarikan lingkungan sekitarnya dari kerakusan yang mengakibatkan rusaknya tatanan ekosistem. Bagi kamu yang ingin menjadi bagian dari kaum penyelamat lingkungan saya sarankan untuk membaca buku ini karena selain imformasi lengkap terkait isu lingkungan juga ditambah dengan kata-kata mutiara dari tokoh-tokoh dunia.

Kalau mau baca dan mau bentuk filenya bisa saja datang langsung kealamat Wahana Lingkungan Hidup  Kalimantan Tengah, Jl.Virgo IV, No.135 Palangkaraya. Biasanya materi dalam buku ini juga akan disampaikan pada saat adanya pelatihan bagi para aktivis lingkungan yang diakan oleh Wahana Lingkungan Hidup yang nantinya akan gabung dalam komunitas SALWA (sahabat WALHI).

Semoga Imformasi ini bermanfaat bagi agan-agan sekalian, jangan lupa share keyang lain yo J

Dari Sahabatmu
Aryo Sang Penggoda !